Create your own at MyNiceProfile.com">

so CutE!!!!!!!!!

so CutE!!!!!!!!!
sakuRa kiNomoTo

Rabu, 16 November 2011

back to Blog


SALAlM... ;)
lama tak jumpa ya.. ha ha. aktivitas menulis di Blog ini terkalahkan dengan banyak Hal, jadi terlupakan oleh saya..
kali ini ada hal yang bikin saya gundah gulana,
beberapa waktu yang lalu, saya menemani adiknya teman browsing di sebuah warnet di kawasan Depok, dan saya _lagi-lagi_ merasa miris melihat kondisi disana. selama browsing, panas rasanya telinga ini mendengar umpatan, kata-kata kasar, caci maki anak-anak yang sedang berselancar di dunia maya tersebut. kebanyakan sih,, sedang main game online. kondisi seperti ini sangat memprihatinkan, karena tidak satu-dua kali saya menyaksikan, tapi berkali-kali-kali-kali, padahal banyak anak-anak yang ada masih usia sekolah, dari SMA, SMP, bahkan SD.
memang, ucapan yang mereka keluarkan tidak bermaksud untuk memprovokasi, tapi sekedar ungkapan rasa kesal, senang, bahkan gregetan, tapi apa pantas di ungkapkan dengan menyebut kata-kata yang bikin panas telinga, dari mulai mengabsen nama hewan, sampai umpatan umpatan misalnya b***s*t, g*****k, dll lah pokoknya. hal itu menggambarkan bagaimana bentuk pergaulan anak-anak tersebut. bahkan banyak membawa tingkah laku tidak sopan ini tehadap orang-orang terdekat, misalnya orang tua. jadi jangan heran, sekarang banyak anak-anak yang ga sopan sama yang lebih tua, wong lingkungannya begitu koq.

fenomena ini bukan hanya terjadi pada anak-anak yang nongkrong di warnet saja. selain mereka, yang mampu ber jam-jam duduk di warnet, fenomena "umpatan" ini juga sudah merajai anak-anak pada umumnya, jika ada anak yang tidak berani megumpat secara terang-terangan, seiring berkembangnya teknologi, dan menjamurnya Hp berkoneksi internet, maka banyak juga anak-anak yang mengungkapkan kekesalan dan makiannya di dunia maya, trutama Fecebook dan Twitter, dua jejaring sosial yang sedang naik daun.
saya sempat terkaget-kaget, ketika mendapati akun Fb milik salah seorang siswa SMP, yang saya kenal sehari-harinya santu, ternyata dia "bebas" mengekspresikan makiannya disana. dari mulai megumpat temannya, sapai kejelekan orang tuanya ditulis panjang lebar... dengan tambahan umpatan juga. Waduh.. gawat juga ini.. pikir saya.
tentu maraknya Virus kecanduan internet, bukan satu-satunya sebab, banyak sebab lainnya yang menjadikan anak terbiasa berkata kasar. lingkungan adalah faktor terbesar karena manusia memang anak dari lingkungan  dan terbentuk oleh lingkungannya. maka sudah tugas kita sebagai unsur dari lingkungan tersebut ikut andil dalam memperbaiki hal negatif ini. kesadaran individu, perhatian orang tua dan masyarakat juga sangat penting tentunya, untuk menjaga akhlak anak.

yah.. kalau dipikir-pikir, kesal, marah emosi memang wajar, tapi kita harus bisa mengungkapkannya dengan lebih santun, unpatan-cacian, mungkin memang hal yang biasa kita jumpai dalam kehidupan. tetapi alangkah indahnya jika kita bisa menjaga akhlak dengan menjaga lidah kita juga. bukankan Rasulullah pun mencontohkan untuk berkata yang baik dan sopan,, marilah kita contoh teladan beliau..

dan bukankah pepatah bilang, "lidah lebih tajam dari pedang".. betul nggak????

zulfacute

0 komentar:

Posting Komentar


 

aQ adaLah ZuLfa Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino | Distributed by Deluxe Templates